Pengertian, dan Pembagian Kompetensi Guru

pengertian kompetensi guru

Adapun kompetensi guru yang dimaksud dalam undang-undang nomor 14 tahun 2005 pasal 8 meliputi kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional.

Berikut ini pembahasan lebih lanjut kaitan dengan pengertian dan pembagian kompetensi guru.

1. Pengertian Kompetensi Pedagogik.

Kompetisi pedagogik meliputi pemahaman terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya.

2. Pengertian Kompetensi Kepribadian.

Kompetisi kepribadian merupakan kemampuan personal yang mencerminkan kepribadian yang mantap, stabil, dewasa, arif, dan berwibawa menjadi teladan bagi peserta didik, dan berakhlak mulia.

3. Pengertian Kompetensi Sosial.

Kompetisi sosial merupakan kemampuan guru untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan lingkungannya secara efektif dengan peserta didik, sesama pendidik, tenaga kependidikan, orang tua/wali peserta didik, masyarakat sekitar dan lingkungan hidup.

4. Pengertian Kompetensi Profesional.

Kompetensi Profesional merupakan penguasaan materi pembelajaran secara luas dan mendalam, yang mencakup penguasaan materi kurikulum mata pelajaran di sekolah, substansi keilmuan yang menaungi materinya, penguasaan terhadap struktur dan metodologi keilmuannya serta keterkaitannya dengan kecakapan hidup dan lingkungan hidup.

Referensi.

Nur Cholid, M.Ag, M.Pd, Menjadi Guru Profesional, CV Presisi Cipta Media.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *