Kewajiban Orang Alim Mengajarkan ilmunya kepada Orang Lain

Kewajiban Bagi Orang Berilmu (Alim) untuk mengajarkan ilmunya kepada orang lain.

Sedikit curhat…

Sejujurnya, saya sempat minder jika harus membuat postingan yang berhubungan dengan ilmu, lebih khususnya keilmuan tentang Agama.

Ada beberapa sebab yang membuat saya minder, dan diantaranya adalah karena pengetahuan saya masih secuil, dan takut jika banyak teman yang menganggap saya sebagai santri yang sok alim.

Tapi, tanpa berpikir panjang saya memilih agar tetap semangat dalam berbagi pengetahuan melalui karya tulisan, karena hal itu bisa memotivasi saya pribadi untuk belajar, belajar, dan mengingat-ingat kembali pelajaran yang sudah saya dapatkan di pondok pesantren salaf APIK, Kaliwungu.

Iya…

Dan saya berharap supaya Allah Subhanahu Wa Taala menghendaki saya menjadi santri alim, yang mengamalkan, dan membagikan keilmuannya walaupun hanya secolek.

Aamiin ya Allah.

اللهم صل على سيدنا محمد

Berikut ini

Keterangan Tentang Kewajiban Mengajarkan ilmu Terhadap Orang Bodoh.

Yang disampaikan

Oleh : Muammar Hakim.

Semoga dapat menggugah hati kita untuk selalu semangat dalam menuntut ilmu, dan membagikannya ke semua orang yang membutuhkannya.

ويجب على العلماء والحكماء تعليم الجهال ما لابد منه مما يصح به الإسلام من العقائد وتصح به الصلاة والصوم من الأحكام الظاهرة وكذا الزكاة والحج حيث وجبا

Wajib hukumnya bagi orang-orang yang berilmu (Ulama) dan orang-orang bijak (Hukama/orang yang berkompeten soal ilmu-ilmu dlohir dan batin) untuk mengajarkan ilmu kepada orang-orang yang bodoh terkait hal-hal yang menjadi syarat Syahnya Islam (yaitu masalah-masalah Aqidah), hal-hal yang menjadi syarat syahnya sholat, puasa yaitu hukum-hukum yang bersifat dlohir (ilmu fiqih),

Begitu juga wajib mengajarkan tentang syarat serta rukunnya zakat dan haji kepada orang yang sudah wajib mengeluarkan zakat dan sudah wajib menunaikan ibadah haji.

(بغية المسترشدين د, صحيفة 5)

والله اعلم بالصواب

Sudah menjadi kewajiban dan keniscayaan bagi para santri untuk terus berdakwah menyampaikan ilmu-ilmu agama, terlebih ilmu aqidah dan ilmu syariat (fiqih), baik didunia maya ataupun didunia nyata.

Karna kalau tidak maka kita akan mendapat laknat dan murka Alloh karna termasuk orang yang menyembunyikan ilmu (كاتم العلم).

Terlebih dizaman sekarang,,, dimana orang yang notabenya tidak berilmu, tidak pernah mesantren namun lebih gencar dan vocal berbicara soal hukum agama.

#MT_FPKK_DUKEM
#NGAJI_SAMPAI_MATI

4 komentar untuk “Kewajiban Orang Alim Mengajarkan ilmunya kepada Orang Lain”

  1. A. Alatas MantuKiWarlan SiCepotTea

    Lanjut terus KangMursi
    Mugia dipaparin kasehatan tur kabarokahan ku Allah SWT kanggo KangMursi Sakulawarga. Aamiin.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *