Cara Menjadi YouTuber Pemula yang Sukses Mengembangkan Channel YouTube

Selamat datang, dan semoga panduan yang kita bahas bersama-sama bisa bermanfaat.

Perkenalkan, nama saya Mursi yang mengelola blog sederhana ini.

Saya akan coba bagikan tips sederhana yang berhubungan dengan dunia YouTube.

Berhubung pembahasannya cukup panjang, saya sudah buatkan Daftar isi, supaya Anda lebih mudah untuk memilih materi pembelajaran.

Tanpa panjang lebar, langsung saja pilih materi yang Anda butuhkan.


Daftar isi

 

1. Membuat Channel.
Syarat mutlak agar Anda menjadi youtuber, adalah membuat Channel terlebih dahulu.
 
2. Memahami Istilah Dasar YouTube.
Jika Anda sudah punya channel, langkah berikutnya adalah memahami istilah-istilah dasar yang berkaitan dengan YouTube, seperti kinerja video trending, Subscriber, dan sebagainya.
 

3. Menyiapkan Aplikasi Editor Video.

Mengelola Channel YouTube tidaklah cukup jika hanya mengandalkan kamera digital, smartphone, atau lainnya.

Anda masih membutuhkan software pendukung, seperti aplikasi untuk mengedit video, gambar, dan sejenisnya.

 

4. Menyiapkan Peralatan Youtuber.

Meskipun Anda tidak wajib mempunyai peralatan YouTube seperti Tripod, Stabilizer Kamera, Kartu Memori, dan Microphone, tapi jika Anda ingin serius mengelola Channel, maka sangat dianjurkan untuk memilikinya.


Youtuber sukses adalah mereka yang sudah merasakan tujuan awalnya membuat Channel YouTube.

Tujuan orang mengelola Channel YouTube pun berbeda-beda. Ada yang ingin mendapat penghasilan, ada yang berharap bisa berbagi pengetahuan yang bermanfaat untuk semua orang, dan ada juga yang tujuannya sebatas untuk mengoleksi momentum terindahnya di YouTube.

Maka sebab itu, Anda jangan pernah beranggapan kalau YouTuber sukses adalah dia yang mampu mengumpulkan pundi-pundi uang, karena tujuan atau niat seseorang mengelola channel YouTube tidak bisa disamakan.

9 Cara Menjadi YouTuber Pemula yang Sukses Mengembangkan Channel YouTube

  1. Membuat Akun YouTube. Jika Anda belum punya, saya sudah menyediakan panduannya.
  2. Fokus Pada Penonton. Ini termasuk hal paling penting dalam dunia peryoutuban, karena yang namanya penonton adalah kunci utama meraih kesuksesan.
  3. Memahami Cara Kerja Penelusuran YouTube. Tujuannya untuk membuat kata kunci di judul video.
  4. Memahami Rekomendasi Video. Tujuannya agar Anda bisa mengajak penonton untuk melakukan subscribe, dan lain sebagainya.
  5. Mengenali Cara Kerja Beranda YouTube. Alasannya agar Anda rutin upload video.
  6. Mencermati Video Trending. Supaya Anda bisa mencontoh video yang berkualitas baik
  7. Memahami istilah Subscriber dan Tab Subscription. Tujuannya, agar Anda pandai berinteraksi dengan penonton yang lebih baik, dan tidak kecewa jika ada pelanggan yang melakukan Unsubscribe.
  8. Menyiapkan Aplikasi Untuk YouTuber. Aplikasi buat para YouTubers yang saya rekomendasikan adalah Kine Master, Az Screen Recorder, PixelLab, dan Watermark Video.
  9. Menyiapkan Peralatan Youtuber. Seperti Tripod, Stabilizer Kamera, Microphone, dan Kartu Memori.

Penjelasan.

1. Membuat Akun YouTube.

Kalau pembahasan yang ini tidak perlu penjelasan lebih detail, karena sudah menjadi keharusan bagi Anda mempunyai akun YouTube, atau yang biasa disebut dengan Channel.

Jika belum punya, silahkan baca panduannya, cara membuat Channel YouTube, dan semoga cukup mudah untuk dipahami.

2. Fokus Pada Penonton.

Sudah hal wajar jika Anda pernah bertanya

Seperti apa jenis video yang disukai YouTube ?

Biasanya, para youtuber yang punya pertanyaan seperti itu, karena berharap agar videonya disukai YouTube.

Jujur saja, saya heran dengan mereka yang berlomba-lomba buat video supaya Channel, atau hasil karyanya disukai YouTube.

Sebenarnya, tujuan mereka membuat video itu untuk YouTube, apa untuk orang yang bersedia menonton ?

Jika tujuannya untuk penonton, seharusnya mereka berpikir, dan mulai bertanya

Seperti apa jenis video yang disukai penonton ?

Oke,, saya percaya. Video-video yang disukai YouTube akan direkomendasikan kepada pengguna YouTube lainnya, sehingga jumlah penonton, dan subscribernya lebih cepat meningkat.

Tapi, apa Anda sudah tahu jenis video yang disukai YouTube ? Video yang disukai YouTube, adalah Video yang disukai penonton.

Berlaku pula sebaliknya..

Jika video yang Anda buat tidak disukai penonton, pasti dari pihak YouTube pun tidak akan menyukainya.

Kenapa ?

Karena YouTube mempertimbangkan perilaku manusia saat mengunjungi situs resminya youtube.com, seperti

  • Apa saja yang mereka tonton
  • Berapa lama mereka menghabiskan waktu untuk menonton.
  • Di tambah lagi suka dan tidaknya mereka dengan video yang ditonton.

Jadi, jika video ciptaan Anda ditonton sampai habis karena mereka menyukainya, maka bukan hal mustahil jika nantinya Anda menjadi YouTuber sukses.

Lantaran itu, akan lebih baik jika Anda memperhatikan hal-hal yang disukai penonton. Dan buatlah video yang dibutuhkan mereka.

3. Memahami Cara Kerja Penelusuran YouTube.

Tidak berbeda dengan cara kerja mesin pencari terbesar di dunia, yakni Google. Dimana Google menampilkan artikel berdasarkan kata kunci yang dituliskan seseorang melalui kolom pencariannya. Perhatikan gambar di atas.

Kata kunci yang saya tuliskan di kolom pencarian Google, adalah Kang Mursi. Secara otomatis, google menampilkan artikel, atau Website yang membahas tentang Kang Mursi.

Begitu pula dengan cara kerja Penelusuran YouTube, yang menampilkan video sesuai dengan kata kunci yang dituliskan penggunanya. Lihat contoh pada gambar di atas.

Kata kunci yang saya tuliskan di kolom pencarian YouTube, adalah Membuat Website. Tentunya, YouTube akan menampilkan video yang berhubungan dengan Cara Membuat Website.

Sampai sini, Anda sudah tahu seperti apa cara kerjanya penelusuran YouTube. Kini waktunya Anda mempraktekkan tips-tips berikut supaya Video yang telah dibuat lebih mudah ditemukan.

  • Membuat Judul Video yang banyak peminatnya. Salah satu cara agar Anda tahu seperti apa video yang banyak peminatnya, adalah dengan memanfaatkan fitur Trending YouTube. Penjelasan lebih lengkapnya kaitan dengan ini akan saya tuliskan di bawah.
  • Membuat Deskripsi. Buatlah deskripsi yang baik, tidak kaku, dan sesuai dengan pembahasan yang ada di dalam Video.
  • Mengaktifkan Fitur Terjemahan YouTube. Alasannya tidak lain, agar video Anda bisa dipahami oleh negara tetangga yang menontonnya.

Kesimpulan.

Di dalam judul video perlu ditambahkan kata kunci yang diprediksi banyak orang membutuhkannya, dan buatlah deskripsi yang menjelaskan isi video.

Karena, cara kerja penelusuran YouTube adalah menampilkan video berdasarkan kata kunci yang dituliskan penggunanya. Dengan begitu, video yang Anda upload akan banyak yang menonton.

4. Memahami Rekomendasi Video.

Tips selanjutnya agar Anda menjadi YouTuber sukses adalah dengan memahami Rekomendasi Video.

Rekomendasi video adalah koleksi video yang dimunculkan YouTube kepada penonton yang mungkin ingin menonton video berikutnya sesuai dengan aktivitas sebelumnya.

Di aplikasi seluler, rekomendasi video muncul di bawah video yang sedang di tonton, dan tepatnya di bawah tulisan berikutnya.

Perhatikan Nomor pada gambar di bawah ini.

  • Nomor 1, adalah video yang sedang saya tonton.
  • Nomor 2, adalah video yang direkomendasikan YouTube kepada saya.

Pertanyaan.

Kenapa rekomendasi video yang ditampilkan, semuanya berjudul tentang Sholawat ?

Karena yang sedang saya tonton waktu itu adalah lagu, atau lirik Sholawat Nahdliyah.

Oleh sebab itu, YouTube merekomendasikan saya untuk menonton video berikutnya yang masih berhubungan dengan sholawat.

Karenanya, manfaatkanlah fitur yang satu ini sebaik-baiknya, dengan melakukan tips-tips berikut

  • Buatlah ajakan kepada penonton agar mau menonton video yang lainnya. Di awal, atau akhir video, Anda membuat pesan kepada penonton agar mereka mau melakukan subscribe, like, share, dan menonton video lainnya. Dan jangan sampai lupa menaruh link video terkait di dalam deskripsi agar mereka lebih mudah untuk menontonnya. Perhatikan gambar berikut
  • Jangan membuat video yang durasinya terlalu panjang. Alasannya cukup sederhana, karena kebanyakan orang tidak menyukai video yang durasinya terlalu panjang. Jadi, saran saya buatlah durasi video yang tidak melebihi 15 menit. Terkecuali video Anda benar-benar menarik dan disukai penonton.
  • Membuat video yang topiknya masih berhubungan dengan video lainnya. Semisal, Anda sudah membuat video tentang cara membuat ketoprak rasa bakso, maka buatlah video yang berhubungan dengan video tersebut, seperti tips agar masakan ketoprak tidak cepat basi dengan cara yang alami.

5. Mengenali Cara Kerja Beranda YouTube.

Beranda adalah bagian pertama kali ketika Anda membuka aplikasi YouTube, atau mengunjungi situs resminya youtube.com.

Di sana, Anda akan dihidangkan berbagai video dari channel yang berbeda-beda. Berdasarkan keterangan yang ada di situ resminya YouTube.

Beranda YouTube menampilkan lebih dari 200 juta video terupdate setiap harinya untuk penonton di seluruh dunia.

Sebab itulah, Anda dituntut untuk mengetahui cara kerjanya beranda YouTube, agar video yang Anda buat bisa ditampilkan di halaman Beranda.

Berikut ini proses, atau caranya YouTube menampilkan video terbaru di halaman Beranda.

  • Performa Video. Semisal Anda pernah menonton video tentang sepak bola sampai akhir karena menyukai video tersebut. Secara otomatis, beranda aplikasi YouTube milik Anda akan banyak video tentang sepak bola.
  • Histori tontonan, dan kata kunci yang sering digunakan pengguna YouTube. Semisal saya sering mengetikkan kata kunci yang berhubungan dengan Website, tentunya, aplikasi YouTube yang ada di Android saya akan banyak video yang membahas tentang dunia Website.
  • Subscribe. Mereka yang sudah melakukan subscribe channel tertentu, halaman berandanya pasti dipenuhi video-video yang dimiliki oleh Channel tersebut.

Oleh karenanya, berikut ini tips sederhana agar Video Anda muncul di halaman beranda YouTube.

  • Upload Video Secara Rutin, dan Konsisten. Hal ini perlu dilakukan, agar Channel-nya Anda diketahui YouTube sebagai Channel yang aktif. Keuntungannya, video-video Anda lebih mudah ditemukan, karena muncul di halaman beranda.
  • Buatlah video yang disukai penonton. Seperti penjelasan singkat di atas, bahwa salah cara YouTube memunculkan video di halaman beranda, yakni dengan memperhatikan kualitas, atau performa video. Oleh sebab itu, buatlah video yang disukai penonton, karena video yang semacam ini termasuk video yang memiliki performa baik.
  • Jangan pernah membuat video yang melanggar kebijakan YouTube.
  • Jangan Membuat Gambar Thumbnail yang menipu dan menyesatkan penonton. Gambar thumbnail yang bagus dan menarik memang mempengaruhi orang untuk menonton video. Tapi, jangan sesekali menipu mereka dengan membuat gambar thumbnail yang tidak ada hubungannya sama sekali dengan video yang Anda buat.

6. Mencermati Video Trending.

Feed Trending, adalah cara YouTube mengumpulkan video terbaru yang populer di negara penontonnya.

Biasanya, video yang bisa masuk daftar trending karena jumlah penayangannya yang mengalami peningkatan tajam, karena saking banyaknya orang yang menyukai video tersebut.

Kenapa perlu mencermati video yang masuk daftar trending ?

Sederhana saja, yakni agar Anda mengetahui seperti apa video berkualitas baik, yang disukai para penonton. Dengan begitu, Anda bisa mencontoh dan mempraktekkannya secara baik dan tepat.

Jika video Anda masuk ke daftar trending, tentu hal itu akan menambah jumlah penggemar meskipun sebelumnya mereka belum tahu tentang Channel YouTube milik Anda.

Tapi perlu diingat.

Anda jangan membuat video yang menyalahi aturan Agama Islam dan Negara Indonesia, hanya karena ingin masuk ke daftar trending.

7. Memahami istilah Subscriber, dan Tab Subscription

Subscriber adalah mereka yang sudah memilih untuk menerima notifikasi atau pemberitahuan jika channel yang di subscribenya sudah upload video terbaru.

Sedangkan Tab Subscription adalah bagian tertentu yang menampilkan berbagai video dari Channel yang di subscribe. Bagi pengelola Channel YouTube sudah menjadi keharusan memahami kedua istilah tersebut, dan perlu melakukan tips-tips berikut

  • Meminta Penonton Untuk Subscribe. Tapi ingat, lakukanlah dengan cara yang baik, tulus, dan bila perlu menjelaskan apa manfaat dan kegunaannya jika mereka melakukan subscribe.
  • Catat baik-baik. Terkadang orang yang sudah subscribe akan melakukan unsubscribe. Hal ini sudah wajar dan Anda tidak perlu kecewa.
  • Memantau Perkembangan Subscribe Melalui Aplikasi YouTube Studio. Dengan aplikasi tersebut, Anda juga bisa membandingkan jumlah penonton dari subscribe dan jumlah penonton dari traffic lainnya.

Berikut ini contoh sederhana untuk menyuruh penonton melakukan subscribe. Jika Anda tertarik, silahkan saja di download.

8. Menyiapkan Aplikasi Android Buat YouTuber.

A. Kine Master.

Kine Master termasuk aplikasi Android yang kegunaannya untuk mengedit video dan dilengkapi dengan fitur-fitur yang cukup lengkap, seperti fitur untuk membagikan video ke YouTube, menggabungkan beberapa video menjadi satu, mengganti dan mencampur warna video, transisi, dan masih banyak lagi lainnya.

Kine Master juga menyediakan fitur untuk edit foto, dan menambahkan teks yang keren. Di sana banyak pilihan jenis font gratis yang siap mempercantik foto, dan video. Sebenarnya, kelebihan yang dimiliki aplikasi tersebut cukuplah banyak.

Tapi kelebihan yang paling saya sukai hanya satu, yakni kualitas audio yang bisa ditingkatkan sehingga suara video lebih jelas dan tetap jernih.

B. Az Screen Recorder.

Aplikasi Az Screen Recorder cukup canggih, dan pengguna aktifnya sudah melebihi 10 juta.

Kegunaan aplikasi tersebut untuk merekam layar Android. Jadi, hal ini memudahkan Anda yang ingin merekam aktifitas yang ada di Android untuk dijadikan video YouTube.

Adapun kelebihan aplikasi tersebut, yakni bisa membuat video dengan resolusi Full Hd, dan QHD, hasil rekaman bisa disimpan ke kartu memori, merekam tanpa batasan waktu, kualitas video yang dihasilkan cukup bagus, ukuran MB yang sangat kecil, yakni tidak melebihi dari 18 MB, dan lain sebagainya.

C. Pixel Lab.

Menurut saya pribadi, aplikasi ini cukup membantu para Youtuber, yang ingin mengedit Gambar Thumbnail YouTube supaya lebih menarik, dan tentunya lebih mengagumkan.

Saya juga sudah lama menggunakan aplikasi PixelLab untuk keperluan Website, seperti membuat gambar unggulan, dan lain sebagainya.

Salah satu kelebihan aplikasi tersebut, adalah sudah tersedianya video tentang panduan-panduan lengkap untuk membantu penggunanya dalam memahami fitur-fitur yang ada.

D. Watermark Video.

Fungsi utama dari aplikasi ini adalah untuk membuat identitas Channel. Anda bisa menambahkan logo, atau Nama Channel di dalam Video.

Dampak positifnya, youtuber lain akan berpikir seribu kali jika ingin meng-upload video-video kepunyaan Anda ke channel-nya mereka.

Oleh sebab itu, saya sarankan Agar Anda membuat Watermark, atau identitas Channel di dalam Video supaya lebih aman dari kasus pencurian konten.

E. YouTube Studio.

Aplikasi YouTube Studio sangat penting dipasang, dan ini sebagai bukti kalau kita bisa mempraktekkan cara menjadi YouTuber pemula dan sukses meskipun hanya modal hp android. Insya Allah.

Karena, fungsi aplikasi tersebut untuk mengelola Channel YouTube melalui smartphone kesayangan, memantau perkembangan channel, menanggapi komentar yang masuk, mengedit gambar thumbnail, membuat jadwal, dan Playlist.

Peralatan yang dibutuhkan Untuk Menjadi Youtuber.

Berikut ini 4 alat pokok yang dibutuhkan para Youtuber.

  1. Microphone.
  2. Tripod.
  3. Stabilizer Kamera.
  4. Kartu Memori.

1. Microphone.

Sebagus apapun kualitas microphone bawaan kamera, pastinya masih kurang maksimal jika Anda tidak menggunakan Microphone tambahan, atau eksternal.

Tapi sebelum Anda memutuskan untuk membeli microphone eksternal, perhatikan terlebih dahulu jenis-jenis microphone.

  1. Shotgun. Fungsi utama dari jenis microphone shotgun adalah menangkap suara dari satu arah. Jadi, kualitas audio akan lebih sempurna jika Anda merekamnya dari arah depan.
  2. Lavaliere. Jenis microphone yang satu ini sering digunakan oleh pembawa acara televisi dan ukurannya juga tergolong sangat kecil. Bisa di letakkan di saku, atau dijepit pada pakaian.
  3. Boompole. Microphone boompole ini sangat cocok bagi Anda yang ingin merekam dari jarak jauh dengan kualitas yang tetap jernih, dan jelas.

Sebenarnya, masih banyak lagi jenis microphone. Tapi cukup tiga yang saya sebutkan, karena ketiga microphone tersebut yang sering digunakan oleh para Youtuber.

2. Tripod.

Shopee: Vision Multicom

Jenis tripod yang semacam itu tepat banget bagi pemula, maupun yang sudah profesional. Fungsi utama dari peralatan tersebut, yakni agar video yang Anda buat mampu stabil, alias tidak bergoyang sedikit pun.

Ini cocok untuk Anda yang ingin membuat video dalam lokasi tertentu, dan tidak berpindah-pindah tempat. Salah satu kelebihannya, adalah harga yang cukup murah. Tidak sampai 50.000 (Lima Puluh Ribu).

3. Stabilizer Kamera.

Sumber gambar shopee.co.id/ferireza

Meskipun kamera, yang Anda gunakan sudah terdapat fitur stabilizer video, tapi Anda perlu mencoba alat yang satu ini, karena kualitasnya tentu berbeda dengan stabilizer bawaan kamera.

Sesuai dengan namanya.

Stabilizer kamera mempunyai fungsi yang sama dengan Tripod, yakni agar video bisa lebih stabil. Peralatan ini cocoknya untuk Anda yang ingin buat video sambil berjalan, namun dengan kualitas video yang tetap stabil.

Untuk harganya sendiri cukup bervariasi, ada yang dua ratus ribu, lima ratus ribu, bahkan ada juga yang mencapai jutaan rupiah.

4. Kartu Memori.

Baik itu kamera digital, smartphone, atau iPhone, pastinya sudah ada ruang penyimpanan internal. Tapi, kapasitas penyimpanan memori internal tidak begitu cukup untuk menyimpan semua file video yang Anda buat.

Oleh sebab itu, Anda perlu membeli kartu memori dengan kapasitas penyimpanan yang lebih gede.


Alhamdulillah, kini sudah waktunya saya berpamitan. Jika ada pembahasan yang belum dipahami, silahkan bertanya melalui kolom komentar. Terimakasih.

Silahkan kembali ke daftar isi jika ada materi yang perlu diulang.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *