Cara Membuat Konten Video YouTube yang Menarik Untuk Pemula

Tentunya Anda tahu, YouTube sudah bekerja sama dengan para kreator hebat selama bertahun-tahun.

Mereka telah membagikan strategi khusus teruntuk Anda yang ingin mengelola Channel, dan menciptakan konten video yang berkualitas super.

Karena itu, strategi-strategi tersebut akan saya tuliskan di sini agar Anda siap menjadi YouTuber sukses, yang penuh kemanfaatan, barokah di dunia dan akhirat. Aamiin ya Allah.

9 Cara Membuat Konten Video YouTube yang Menarik Bagi Pemula Untuk Meningkatkan Penonton.

  1. Menargetkan Penonton Baru.
  2. Membuat Video yang Mudah ditemukan.
  3. Menjaga Kualitas Video.
  4. Berkolaborasi dengan YouTuber Lain.
  5. Konten Yang Mudah dibagikan.
  6. Menjaga Kesetiaan Penonton.
  7. Riset Keyword YouTube.
  8. Buatlah diri Anda Bahagia.
  9. Mulai Pengeditan Video.

Penjelasan lebih lengkap.

1. Menargetkan Penonton Baru.

Akan lebih baik jika Anda membuat video yang YouTuber lainnya belum membuatnya. Tapi jika Anda masih kesulitan menciptakan konten video yang seperti itu, maka praktekkan tips-tips berikut

  • Menargetkan Pengunjung Channel. Hobi seseorang pasti berbeda-beda. Ada yang hobi menonton video tentang pendidikan, game, hiburan, dan sebagainya. Jadi, Anda bisa membuat Channel yang membahas tentang pendidikan, jika target pengunjungnya adalah mereka yang suka menonton video tentang dunia pendidikan.
  • Menargetkan Penonton Video. Seperti yang kita tahu, pengguna YouTube tidak hanya dikalangan remaja. Artinya, hampir semua kalangan, baik itu remaja, orang tua, bahkan anak kecil pun sudah banyak yang membuka aplikasi YouTube guna menonton video yang dibutuhkannya. Karena itu, buatlah video sesuai dengan target penonton. Jika targetnya Anda adalah anak-anak kecil, maka perbanyaklah canda dan hiburan agar mereka merasa senang, dan nyaman ketika menonton.

2. Membuat Video yang Mudah ditemukan.

Tidak semua YouTubers merasa kesulitan jika setiap harinya harus membuat video, meskipun mereka masih pemula.

Begitu pula dengan Anda yang mungkin sudah mahir menciptakan karya berbentuk audio dan video.

Tapi seberapa pun canggihnya Anda membuat video, Anda masih perlu mengoptimalkannya supaya video tersebut mudah ditemukan dari berbagai penjuru dengan melakukan tips-tips berikut

A. Membuat Judul Video yang Sedang Trending.

Anda sudah tahu kan, apa itu video yang sedang Trending di YouTube ?

Lebih singkatnya, Video yang masuk ke daftar trending YouTube adalah video viral, atau populer disebabkan penontonnya mengalami lonjakan yang sangat tinggi, karena kualitasnya cukup baik sehingga banyak penonton yang menyukai video tersebut.

Lantaran itu, buatlah konten menggunakan topik yang trending, agar video Anda direkomendasikan YouTube kepada penonton yang sedang menyaksikan video trending, atau populer.

Simak dan cermati gambar berikut sebagai contoh video yang masuk ke daftar trending YouTube.

Jika sudah dicermati, Anda bisa membuat judul yang mirip dengan gambar di atas, seperti

Paula Kaget ! Saat Baim Wong Bawa Macan Peliharaan.

Manfaatnya, video yang Anda buat akan lebih mudah ditemukan oleh pengguna YouTube lainnya.


Sekedar saran.

Buatlah video yang baik.

Jangan membuat video yang melanggar syariat Agama Islam.

Salah satu contoh video yang tidak sesuai dengan pendidikan Islam, adalah video yang menampilkan aurat yang wajib ditutupi.

B. Membuat Video Tentang Panduan.

Coba Anda perhatikan sendiri kedua judul berikut

  1. Makan Donat Empuk bareng teman-teman lama.
  2. Cara Membuat Donat Empuk dan Cocok dimakan bareng teman-teman.

Menurut Anda, dari kedua judul di atas, mana yang lebih mudah ditemukan calon penonton ?

Tentunya, yang lebih mudah ditemukan calon penonton, adalah judul yang kedua, karena judul tersebut termasuk video tentang panduan membuat kue Donat.

Sedikit tambahan.

Konten YouTube tentang panduan yang memberi solusi terbaik kepada penonton termasuk jenis konten yang berkualitas, karena mereka yang sedang menonton belum tentu bisa mempraktekkannya secara sempurna.

Karena itu, di dalam video perlu adanya solusi buat mereka.

Semisal, Anda membuat video tentang cara membuat Donat Empuk dengan bahan-bahan sebagai berikut

  • Tepung Protein Tinggi (Merek, Cakra Kembar)
  • Gula.
  • Air.
  • Susu Bubuk.
  • Telur.

Seharusnya, Anda tidak mengharuskan penonton untuk menggunakan tepung protein tinggi dengan merek Cakra Kembar, karena merek tersebut belum tentu mudah didapatkan di daerah mereka.

Oleh karena itu, Anda bisa menambah pesan seperti berikut sebagai solusi terbaiknya.

Untuk tepung yang kita gunakan dalam panduan ini, Anda boleh menggunakan merek tepung selain Cakra Kembar. Yang penting kualitasnya cukup baik.

Dengan adanya solusi yang semacam itu, para penonton bisa merasa senang, dan bukan hal mustahil jika nanti mereka menjadi pengunjung setianya Anda.

C. Meniru Taktik YouTuber Sukses yang Memahami Istilah-istilah dasar.

Salah satunya faktor yang menyebabkan para Youtuber mampu berkembang dan sukses, adalah karena mereka sudah memahami betul istilah-istilah dasar yang ada di YouTube, sehingga setiap video yang mereka buat mudah ditemukan.

Lantaran itu, Anda disarankan membaca cara menjadi Youtuber yang sukses mengembangkan Channel-nya. Semoga pengetahuan tersebut bermanfaat, dan mudah dipahami.

3. Menjaga Kualitas Video Tetap Baik

Yang mempengaruhi besar akan sukses dan tidaknya seorang YouTuber adalah kualitas video yang mereka buat.

Jika kualitas video yang mereka buat cukup baik, maka hal itu akan memudahkan mereka menggait sebuah kesuksesan.

Berlaku pula sebaliknya, Anda jangan berharap banyak jika masih membuat video dengan kualitas rendah, yang menyebabkan penonton tidak menyukainya.

Berikut ini termasuk faktor dasar yang perlu diperhatikan untuk menjaga kualitas video

  1. Suara.
  2. Cara penyampaiannya.

Suara video tidak harus bagus. Yang penting jelas, dan tidak terganggu oleh suara lainnya.

Cara penyampaiannya juga tidak harus lancar, seperti presenter. Yang penting, Anda berusaha agar mudah dipahami oleh penonton.

Jika kedua faktor tersebut sudah ditetapkan, langkah selanjutnya lakukan tips-tips berikut

  1. Menghubungkan Video Yang Sama Pembahasannya. Semisal, Anda sudah membuat video pertama tentang cara menanam bunga melati di depan rumah. Jika Anda berencana membuat video yang kedua dengan judul cara menanam bunga melati di perkebunan, maka video yang pertama bisa Anda masukkan ke dalam deskripsi video yang kedua. Yang penting, Anda jangan menghubungkan video yang topik pembahasannya jauh berbeda.
  2. Menampilkan Cuplikan yang Menarik di Awal Video. Alasannya cukup sederhana, yakni agar penonton penasaran dan menarik perhatian mereka untuk menonton video yang Anda ciptakan.
  3. Memberi Tahu Video Lainnya Kepada Penonton. Jika Anda sudah memasukkan video lainnya di dalam deskripsi, maka beri tahu mereka kalau di kolom deskripsi terdapat link video yang berkaitan dengan video yang sedang mereka tonton saat ini.

4. Berkolaborasi dengan YouTuber Lain.

Berkolaborasi adalah bekerjasama dengan youtuber lainnya.

Berkolaborasi dengan YouTuber lain termasuk cara tepat dan cerdas untuk meningkatkan penayangan video, dan menambah subscribe baru.

Jika Anda tertarik melakukannya, perhatikan beberapa tips berikut

  1. Mencari YouTuber yang Pembahasannya Sama. Semisal Anda membahas tentang Smartphone, maka carilah youtuber yang pembahasannya juga berkaitan dengan Smartphone.
  2. Memperhatikan Popularitas Channel-nya. Yang perlu Anda perhatikan adalah jumlah subscribernya. Jika jumlahnya tidak kurang dari sepuluh ribu, Anda boleh memilihnya.
  3. Menyiapkan Modal. Hal ini perlu Anda siapkan sebagai tanda terima kasih kepada mereka yang mau diajak kerjasama.
  4. Mulai Berkolaborasi. Ada dua pilihan untuk memulainya. Pertama, Anda yang membuat konten bersama mereka. Kedua, mereka yang membuat konten bersama Anda dan kemudian diupload ke channel-nya.

5. Konten yang Mudah dibagikan.

Seperti yang Anda tahu, tidak semua jenis konten video mudah dibagikan oleh penonton.

Sedangkan, Anda sebagai pengelola Channel tentu berharap agar video-video terbarunya dibagikan penonton ke media sosial, seperti Facebook, Twitter, WhatsApp, atau sejenisnya.

Oke, lakukan tips di bawah, agar harapan Anda yang seperti itu dapat tercapai

  1. Buatlah Video yang Sedang Hangat. Caranya tidak terlalu sulit. Anda cukup mengamati dan mencari berita terbaru. Jika sudah menemukannya, Anda mulai membuat konten yang serupa dengan gaya, dan cara yang Anda bisa.
  2. Buatlah Video yang Mampu Menghibur. Coba Anda perhatikan sendiri di WhatsApp atau sejenisnya. Kebanyakan video yang dibagikan di sana, adalah jenis video yang lucu dan menghibur.
  3. Buatlah Video yang tidak hanya bermanfaat bagi penonton. Salah satu contoh judul, atau konten video yang tidak hanya bermanfaat bagi penonton, adalah tips melindungi anak kecil dari kejahatan. Dengan demikian, penonton akan suka rela membagikan ke teman-temannya karena video tersebut bisa bermanfaat untuk semua orang. Tidak hanya bermanfaat bagi penonton.

6. Menjaga Kesetiaan Penonton.

Kesenangan, kepuasan, dan kenyamanan pengunjung adalah faktor-faktor yang menyebabkan mereka mau melakukan subscribe untuk menjadi penonton yang setia.

Kesetiaan penonton juga perlu dijaga dengan baik-baik, dengan beberapa langkah sederhana, seperti menyapa mereka, membuat suasana yang aktif, menjaga konsistensi, dan menemukan inspirasi baru.

A. Menyapa Para Penonton.

YouTube termasuk media sosial online sama halnya Facebook, Twitter, Instagram, atau lainnya.

Karena itu, Anda dituntut menjalin hubungan baik dengan para penonton, dengan cara menyapanya.

Biasanya, youtuber yang berpengalaman akan menyapa penonton di awal videonya dengan kata-kata sederhana, singkat, dan menggugah semangat.

B. Menciptakan Suasana yang Aktif.

Suasana aktif perlu Anda ciptakan di dalam video supaya antara Anda dan penonton tercipta percakapan baik.

Semisal saja Anda membuat video yang isinya berkaitan dengan panduan.

Jadi, sangat dianjurkan bagi Anda untuk mempersilahkan mereka bertanya melalui kolom komentar barangkali ada pembahasan yang belum dipahami.

Manfaatnya, penonton tidak akan canggung bertanya sesuai kebutuhannya, dan akhirnya mereka mau datang kembali untuk mengetahui jawaban dari Anda.

Tambahan.

Tidak ada salahnya jika Anda meminta pendapat, kritikan dan saran dari penonton supaya Anda tahu letak kesalahan yang perlu diperbaiki.

C. Menjaga Konsistensi.

Anda lebih suka channel yang pembahasannya bercampur aduk, atau Channel yang fokus pada satu pembahasan ?

Mungkin, Anda sama seperti saya dan orang lainnya, yang lebih suka dengan Channel YouTube yang fokus pada satu topik.

Maka dari itu, jauh lebih baik jika Anda fokus dengan satu topik saja, agar bisa konsisten membuat video berdasarkan topik yang sudah anda tentukan.

D. Menemukan ide Baru.

Jika Anda sudah memilih ingin menjadi YouTubers yang konsisten dengan satu pembahasan, bukan hal mustahil jika nantinya Anda kebingungan mau update video terbaru.

Itu wajar, dan Anda tidak perlu panik, karena masih ada jalan untuk menemukan ide terbaru, yakni dengan mengunjungi, dan mengamati Channel YouTube lainnya yang sama pembahasan.

Tips

  1. Pilih satu video milik Channel YouTube lainnya yang akan dijadikan konten terbarunya Anda.
  2. Amati kelebihan dan kekurangannya. Jika Anda sudah tahu letak kelebihan, dan kekurangannya, sekarang waktunya membuat video yang lebih sempurna dari dia.

7. Riset Keyword YouTube.

Sebenarnya, masih banyak pengguna YouTube yang belum menemukan video yang diinginkannya, karena YouTube bukanlah Doraemon yang punya kantong ajaib.

Karena itu, buatlah video yang dibutuhkan mereka dengan melakukan riset keyword.

Apa itu riset Keyword ?

Singkatnya, riset keyword YouTube adalah upaya Anda agar mengetahui seperti apa video yang sedang dicari banyak orang.

Tapi untuk panduan riset keyword, atau kata kunci, saya belum sempat membuatnya.

Insya Allah, akan saya tuliskan panduannya secara lengkap dan jelas beserta gambarnya.

8. Buatlah Diri Anda Bahagia.

Tips terakhir agar Anda mampu membuat konten yang berkualitas dan disukai penonton, adalah dengan menikmati prosesnya.

Kenapa ?

Karena sesuatu yang didasari rasa bahagia, dan nikmat, hasilnya pasti berbeda dan lebih berkualitas baik jika  dibandingkan dengan sesuatu yang didasari rasa terpaksa.


9. Mulai Pengeditan Video.

Kinemaster, adalah aplikasi yang kita gunakan untuk mengedit video lewat hp Android.

Alasan saya memilih aplikasi tersebut, karena mudah digunakan, fitur cukup lengkap, dan sudah banyak Youtuber yang membagikan panduan-panduan mengedit video menggunakan Kinemaster.

Keuntungannya, Anda lebih terbantu untuk mempelajari dan mendalami editing video supaya hasilnya lebih keren dan tentunya terlihat lebih profesional.

Perhatian.

Saya hanya membagikan panduan-panduan dasar supaya Anda tahu cara menggunakannya.


Jika aplikasi tersebut sudah Anda pasang di Smartphone, silahkan dibuka dan kemudian

1. Pilih icon Plus.

2. Pilih Aspek Rasio Video.

Silahkan pilih rasio 16:9 karena rasio tersebut cocok untuk YouTube.

3. Pilih Media.

Selanjutnya adalah pilih Media untuk memilih video yang akan diedit.

4. Proses Mengedit.

Perhatikan nomor

  1. video yang akan diedit.
  2. Untuk memotong bagian video mana yang ingin dihapus.
  3. Untuk Memperbesar Video.
  4. Untuk Mengatur Suara Video.
  5. Untuk Menambahkan Efek atau Grafis.
  6. Untuk Mengontrol Kecepatan Video.

5. Pilih icon Bagikan.

Setelah proses pengeditan sudah selesai, dan ingin disimpan ke Galeri Android, silahkan pilih icon Bagikan.

6. Pilih Ekspor.

Perhatikan nomor.

  1. resolusi video. Saran saya, pilihan resolusi FHD karena resolusi tersebut sudah sangat jernih, jelas, dan bagus.
  2. Laju Bingkai. Pilihlah laju bingkai paling tinggi supaya hasil video lebih halus.

Jika sudah, silahkan pilih Ekspor.

7. Pilih Lewati.

Selanjutnya akan ada beberapa pilihan seperti pada gambar berikut.

Silahkan pilih Lewati, jika Anda tidak membutuhkan fitur premium yang ditawarkan Kinemaster.

Tunggu proses ekspor video sampai selesai. Jika sudah, sekarang waktunya menguploadnya ke YouTube.

Cukup sekian, dan terimakasih.

Jangan Sungkan Untuk Berkomentar