Cara Menggunakan Google AdWords dan Merchant Center untuk Mengiklankan Produk

Mempromosikan produk, jasa, maupun usaha secara online dengan memanfaatkan internet termasuk satu perkara yang patut Anda coba karena prosesnya cukup mudah, dan biayanya juga tergolong murah.

Terlebih, kami membuat panduannya disertai dengan gambar yang akan mempermudah Anda untuk memahaminya.

Insya Allah

Daftar Pembahasan.

1. Kelebihan Jika Beriklan di Google.

Dalam materi ini, yang kita bahas berkaitan dengan kelebihan, atau keuntungannya jika Anda mengiklankan Website, Channel youtube, jasa, maupun produk di google.

2. Memahami Alur Kerjanya Google Ads.

Di sini kita bahas kaitan dengan alur, atau tahap-tahap menggunakan Google AdWords.

Tapi Anda boleh melewati pembahasan ini, jika tidak ingin mengetahui cara kerjanya Google AdWords.

3. Cara Membuat iklan di Google AdWords.

Sekarang waktunya membuat akun google ads untuk mengiklankan produk, ataupun jasa yang akan Anda promosikan.

Perhatian..

iklan bisa berjalan jika Anda sudah mengisi saldo.

Tapi tenang, Anda bebas mengisinya. Karena itu, sesuaikan saja dengan keuangan dan kebutuhan Anda.

Salah satu tips agar Anda mampu sukses menjalankan Google AdWords, adalah dengan mengetahui pelanggan.

Untungnya, Google AdWords punya fitur yang fungsinya untuk menganalisis perilaku calon pelanggan yang mengunjungi iklan Anda. Fitur tersebut dinamakan dengan Analisis Audiens.

Secara singkatnya, iklan display Network adalah iklan yang tampil di halaman website.

Jika Anda ingin tahu lebih lanjut mengenai ini, langsung saja simak pembahasannya dan semoga berguna untuk kita.

6. Memahami Draf dan Eksperimen Google Ads.

Fitur Draf dan Eksperimen punya fungsi yang luar biasa mengagumkan, karena Anda bisa mengedit kampanye yang sudah aktif, dan kemudian menyimpannya terlebih dahulu.

Jika sudah yakin akan perubahan, atau pengeditan yang dilakukan, Anda dapat menerbitkannya sebagai kampanye yang asli.

Lanjut Membaca

Jika Anda pernah menjumpai produk yang muncul di hasil pencarian Google, bisa jadi produk tersebut diiklankan di Google Shopping, atau Merchant Center.

Perbedaan yang paling mencolok antara Google AdWords dan Merchant Center, adalah tampilan iklannya, dan persyaratan.

Masuk ke Pembahasan.

6 Keuntungan Promosi Secara online di Google Ads.

1. Mencapai Sasaran Pemasaran.

Anda bisa menggunakan berbagai jenis format dan fitur iklan untuk menyesuaikan iklan dengan beragam sasaran bisnis Anda, seperti menambahkan tombol “Telepon” yang dapat diklik oleh calon konsumen untuk melakukan panggilan telepon kepada Anda, atau Anda menggunakan jenis iklan video untuk menunjukkan merek Anda kepada dunia.

Berikut format iklan yang dapat Anda gunakan

  • Menggunakan website
  • Menggunakan Alamat Toko
  • Menggunakan Nomor Telepon.
  • Menggunakan Aplikasi.

Untuk penjelasan lebih detailnya nanti kami tuliskan di bawah.

2. Bebas membuat kata kunci sesuai usaha Anda.

Saat beriklan di samping hasil penelusuran di Jaringan Penelusuran Google, Anda memilih kata kunci untuk membantu memunculkan iklan kepada orang yang menelusuri istilah yang berhubungan dengan bisnis Anda.

Apa itu kata kunci ?

Secara gampangnya, kata kunci adalah kalimat yang dituliskan seseorang di tombol pencarian Google seperti gambar berikut

Contoh kata kunci Iklan Google

Di gambar tersebut, kata kunci yang saya contohkan adalah

Jasa Cuci Ac Surabaya

Sedangkan keuntungan yang luar biasa ketika beriklan di google, Anda bisa membuat kata kunci sebanyak mungkin yang sesuai dengan usaha Anda.

Semisal usaha Anda tentang jasa pembuatan website, dan alamat Anda di daerah kabupaten Pemalang.

Saran kami gunakanlah beberapa kata kunci berikut

  1. Jasa Pembuatan Website
  2. Jasa Pembuatan Website Berkualitas
  3. Jasa Pembuatan Website Berkualitas dan Murah.
  4. Jasa Pembuatan Website Pemalang.

Dengan begitu, usaha Anda akan muncul di halaman pertama google ketika Ada seseorang yang mengetikkan salah satu kata kunci di atas.

Lebih lengkapnya bisa Anda baca cara membuat kata kunci Google AdWords.

3. Mengkhususkan Target Calon Konsumen.

Ketika Anda menginginkan munculnya iklan di situs web dan aplikasi seluler yang telah bekerjasama dengan Google, Anda bisa lebih spesifik lagi dengan memilih usia orang yang ingin dijangkau, jenis situs yang dikunjungi, dan area minat mereka.

Kita lanjutkan contoh di atas.

Usaha Anda tentang jasa pembuatan website, alamatnya di daerah kabupaten Pemalang, tapi Anda membuka layanan jasa tersebut hanya di daerah Pemalang dan sekitarnya.

Tenang.

Anda bisa memilih lokasi calon konsumen hanya di daerah Pemalang dan sekitarnya.

Dengan demikian, iklan Anda hanya muncul jika orang yang mengetikkan kata kunci sedang berada di daerah Pemalang dan sekitarnya.

4. Membayar Sesuai dengan Hasil.

Ketika Anda sudah mengisi saldo Google Ads, jangan khawatir rugi karena Anda hanya membayar jika seseorang berinteraksi dengan iklan Anda, seperti mengeklik iklan teks atau menonton iklan video Anda.

Ini termasuk kelebihan Google Ads, yang menyebabkan banyak orang tertarik untuk mengiklankan produknya melalui google.

5. Bisa Memantau Perkembangan Iklan.

Dengan adanya Dashboard, atau antar muka halaman depan Google Ads yang lengkap, Anda dengan mudahnya dapat mengamati perkembangan usaha.

Anda bisa mengetahui jumlah klik, biaya per klik, kata kunci yang paling sering dikunjungi calon konsumen, dan lain sebagainya.

6. Iklan Anda muncul diberbagai Platform.

Meskipun mayoritas orang zaman sekarang serba menggunakan Android, namun Anda jangan berpikiran kalau iklan Anda hanya muncul di platform Android.

Artinya, iklan Anda tetap muncul meskipun di platform komputer, tablet, smartphone Apple, dan Android.

Dengan begitu, jangkauan usaha Anda mempunyai peluang besar mudah dijangkau oleh banyak orang.


Seperti apa Cara kerja google ads?

Berbicara tentang cara kerja Google ads terdapat 5 tahapan, yakni

1. Membuat Sasaran Bisnis.

Tujuan Anda membuat iklan google untuk apa.

Supayabanyak orang yang mengunjungi lokasi toko Anda ?

Atau ingin memperbanyak kunjungan Website toko online Anda ?

Anda bisa melakukan semuanya itu karena Google Ads menawarkan berbagai jenis iklan, seperti mendapatkan lebih banyak panggilan, meningkatkan kunjungan toko, dan memperbanyak kunjungan situs web.

Penjelasan lebih lanjutnya ada di bawah.

2. Menentukan Munculnya Iklan.

Anda berada di daerah Jambi, dan ingin mendapatkan konsumen baru dari daerah tersebut.

Tenang, dan tersenyumlah karena Anda bisa menentukan munculnya iklan sesuai dengan keinginan Anda.

3. Membuat Pesanan dan Anggaran.

Tahapan selanjutnya adalah melakukan pemesanan. Setelah itu menetapkan Anggaran.

Semua biaya diserahkan kepada Anda. Google tidak memaksa Anda harus membayar sekian dan sekian.

Anda juga dapat menganggar sendiri biaya yang harus dikeluarkan setiap harinya.

Jika Anda masih pemula dan belum pernah menggunakan Google Ads, saran kami tetapkan anggaran cukup 25.000 (Dua Puluh Lima Ribu) setiap harinya. Kalau nantinya Anda merasa puas beriklan dengan google, silahkan tambah anggaran sesuai keinginan.

4. Mengisi Saldo Google Ads.

Sekarang waktunya mengisi saldo. Mengisi saldo tidak harus sebesar dengan anggaran yang Anda tetapkan.

Semisal Anggaran yang Anda buat setiap bulannya, 500.000, jadi Anda tidak harus mengisi saldo sebesar itu. Artinya, Anda boleh mengisi 300.000, sesuai dengan kondisi keuangan Anda.

5. Iklan Siap ditayangkan.

Jika Anda sudah melakukan semua tahap di atas, tunggu beberapa hari supaya iklan Anda bisa tampil. Namu pengalaman kami pribadi, cukup menunggu kurang lebih satu hari, iklan sudah tampil dan berjalan lancar.

Seperti apa iklan Anda muncul di Google ?

Untuk contoh iklan yang muncul di pencarian google bisa perhatikan gambar di bawah.

cara mempromosikan produk secara online dengan Google AdWords

Usaha Anda berpeluang besar muncul di halaman pertama Google dan paling atas.

Bagaimana, apa Anda tertarik mencobanya ?

Jika tertarik, mari lanjutkan membaca sampai tuntas.

Berapa Biaya yang Harus dibayar ?

Pembayaran, atau pengisian saldo tidak ditentukan oleh Google AdWords.

Anda bisa mengisi seratus ribu, lima ratus ribu, satu juta, bahkan kurang dari lima puluh ribu juga tetap bisa.

Ada berapa metode untuk melakukan pembayaran ?

Metode pembayaran terdapat dua pilihan, yaitu transfer bank dan kartu kredit.

Oleh sebab itu, siapapun bisa memasarkan produknya melalui Google karena mayoritas masyarakat memiliki rekening bank.

Jika belum punya, yea bisa pinjam rekening tetangga sebelah yang cantik. Hehehe


11 Langkah Membuat iklan di Google AdWords.

  1. Menyiapkan Email Gmail. Jika Anda belum punya, saya sudah menyiapkan panduannya di bawah.
  2. Masuk ke Akun Google Ads. Gunakan email dan sandi Gmail.
  3. Menentukan Jenis Iklan. Ada banyak pilihan jenis iklan yang bisa Anda gunakan.
  4. Membuat Nama Kampanye. Penjelasannya sudah dituliskan di bawah.
  5. Menentukan Lokasi Iklan ditayangkan. Tujuannya agar proses promosi Anda tepat sasaran.
  6. Menentukan Jenis Produk, atau Layanan. Sesuaikan dengan jenis produk, atau layanan Anda yang akan dipromosikan.
  7. Membuat Judul dan Deskripsi iklan. Buatlah yang singkat, padat, dan jelas.
  8. Menetapkan Anggaran. Tentukan saja dengan keadaan ekonomi Anda
  9. Membuat Akun AdWords. Di isi dengan detail, dan lengkap sesuai dengan data diri.
  10. Memilih Metode Pembayaran. Ada dua metode pembayaran seperti penjelasan di atas.
  11. Melakukan Pembayaran Google Ads. Supaya iklan Anda bisa berjalan, tentunya harus mengisi saldo.

Langkah-langkah.

1. Menyiapkan Email Gmail.

Jika belum punya silahkan membuat email terlebih dahulu. Kemudian menuju ke situs resminya Google Ads.

Kurang lebih tampilannya seperti gambar di bawah dan pilih

mulai sekarang

proses membuat iklan di google

2. Masuk ke Akun Google.

Selanjutnya, Anda akan diarahkan ke Tab Baru. Pada tahapan ini, Anda disuruh memasukkan alamat email Gmail dan sandinya.

Kemudian klik tombol biru yang bertulisan

Berikutnya

3. Menentukan Jenis Iklan.

Pada tahap berikutnya, terdapat tiga pilihan jenis iklan yang dapat dipilih dan diantaranya adalah

  1. Dapatkan Lebih Banyak Panggilan.
  2. Dapatkan Lebih Banyak Penjualan atau Pendaftaran Situs.
  3. Dapatkan Lebih Banyak Kunjungan ke Lokasi Fisik Anda.

Sedangkan yang akan kita praktekkan kali ini adalah Dapatkan Lebih Banyak Penjualan atau Pendaftaran Situs.

4. Membuat Nama Kampanye.

Anda disuruh membuat Nama Bisnis. Silahkan masukkan URL, atau link Website.

Jika belum mempunyai website, Anda bisa menggunakan URL Halaman Facebook, Profil Twitter atau Lainnya.

Namun saran kami lebih baik membuat website, karena sangat membantu Anda untuk mengembangkan sebuah usaha.

5. Menentukan Lokasi Iklan.

Kemudian, menentukan Lokasi iklan Anda akan muncul di mana.

Penjelasan.

  • Nomor 1 adalah pilihan lokasi secara otomatis. Artinya, sistem Google akan melacak keberadaan Anda untuk dijadikan lokasi iklan akan muncul.
  • Nomor 2 adalah pilihan lokasi secara manual. Anda bisa menentukan sendiri sesuai kebutuhan Anda. (Pilihan ini termasuk yang kami sarankan karena lebih mudah menggunakannya).
  • Nomor tiga adalah alat atau sistem untuk menentukan Lokasi.

6. Menentukan Jenis Produk, atau Layanan.

Pada tahap berikutnya adalah menentukan produk dan Layanan Anda.

Yang kita contohkan kali ini adalah

  1. Peluang Bisnis
  2. Bisnis Online
  3. Pemasaran Online

Namun, Anda perlu menambahkan produk dan layanan yang sesuai dengan jenis usaha Anda.

Caranya tinggal klik tulisan

Tambahkan Produk Atau Layanan.

Penjelasan singkat

Produk dan Layanan pada Gambar di atas adalah Peluang Bisnis, Bisnis Online, dan Pemasaran Online.

Jadi, Iklan akan muncul jika Ada orang yang mencari informasi di google dengan mengetikkan salah satu kata kunci berikut

  • Peluang Bisnis
  • Bisnis Online
  • Atau Pemasaran Online

7. Membuat Judul dan Deskripsi.

Selanjutnya adalah membuat Judul, dan Deskripsi iklan yang akan ditampilkan di halaman Google.

Untuk contohnya, perhatikan saja gambar berikut.

Jika Anda sudah mengisi semuanya, silahkan klik tombol biru yang bertulisan berikutnya.

Perhatian.

Gambar yang ada silahkan di download apabila kurang jelas.

8. Membuat Anggaran.

Selanjutnya adalah memilih anggaran biaya yang akan dikeluarkan setiap harinya.

Anda juga bisa menentukan anggaran sendiri sesuai kebutuhan Anda dengan melakukan klik tulisan

Tambahkan Anggaran Anda.

Kurang lebih tampilan selanjutnya seperti gambar di bawah. Jika sudah sesuai dengan harapan Anda, silahkan klik Berikutnya

9. Membuat Akun AdWords.

Selanjutnya adalah membuat akun Google AdWords.

Untuk pengaturannya, sesuaikan saja dengan gambar. Namun pada nama dan alamat menyesuaikan dengan nama dan alamat Anda.

10. Milih Metode Pembayaran.

Cara pembayaran, dan metode pembayaran

Penjelasan

  • Cara Pembayaran terdapat dua pilihan, yakni pembayaran otomatis dan manual. Jika Anda memilih otomatis berarti harus menyiapkan kartu kredit.
  • Metode Pembayaran juga terdapat dua pilihan, yakni transfer Bank, dan Kartu Credits.
  • Kolom pada Nomor tiga harus di centang.

11. Melakukan Pembayaran.

Setelah itu, klik krim dan akan ada informasi mengenai nomor rekening dan cara pembayaran

mengisi saldo Iklan Google AdWords

Nomor rekening yang kami coret adalah nomor rekening Google Ads milik kami.

Jadi, Anda juga mempunyai nomor rekening Google AdWords sendiri karena setiap akun mempunyai nomor rekening yang berbeda-beda.

Memahami Analisis Audiens Google Ads.

Salah satu fitur yang cukup menarik adalah Analisis Audiens.

Dengan adanya fitur ini, Anda akan tahu datangnya pelanggan dari mana, perangkat apa yang mereka gunakan saat mengunjungi iklan Anda, dan sebagainya.

Manfaat

1. Ketika ingin membuat kampanye baru, Anda bisa menemukan Audiens baru yang lebih relevan.

2. Anda bisa mengetahui demografi, minat, dan perangkat yang digunakan Audiens.

3. Anda bisa membuat keputusan baru yang lebih tepat, seperti menargetkan calon pelanggan, mengatur anggaran baru, dan sebagainya.

4. Anda mampu meningkatkan penjualan kepada pelanggan baru.

Cara Menggunakan Fitur Analisis Audiens.

  1. Klik ikon Pengaturan.
  2. Pilih Pustaka Bersama.
  3. Pengelola Audiens.
  4. Pilih Analisis Audiens.
  5. Kemudian, Siapkan Sumber Audiens.

Alhamdulillah.

Semoga bermanfaat, dan gunakanlah fitur ini sebaik-baiknya.

Mengenal iklan Display Network, dan Cara Membuatnya.

Seperti yang kita tahu, saat ini yang namanya Website tidak sebatas media untuk mendapatkan sumber informasi yang kita butuhkan.

Artinya

Sudah banyak diantara mereka yang mengunjungi Website sebagai rutinitas sehari-hari, yang mencakup hiburan, berbelanja, dan lain sebagainya.

Buktinya, hampir 94% waktu yang berhubungan dengan internet dihabiskan untuk menjelajahi mesin pencari yang bernama, Google.

Dari situlah, Google AdWords memperkenalkan iklan Display Network kepada penggunanya.

Apa itu Display Network ?

Iklan display Network, adalah iklan yang muncul di Situs, atau Website yang ada. Sebab itu, produk yang Anda promosikan akan tampil di sana, dan ini termasuk jenis iklan yang banyak peminatnya.

Jika Anda penasaran, silahkan baca panduannya tentang cara buat iklan Display Network.

Memahami Draf dan Eksperimen Google AdWords

Satu lagi fitur yang dimiliki Google Ads yang cukup menakjubkan adalah Draf dan Eksperimen.

Dengan adanya fitur tersebut, Anda diperbolehkan melakukan pengujian kampanye iklan untuk mengetahui sasaran bisnis yang lebih tepat.

Fungsi utama dari draf dan eksperimen sesuai dengan namanya, yakni untuk mengedit dan menyimpan kampanye yang sudah berjalan, dan jika sudah yakin, Anda boleh menerbitkannya.

Contoh

Anda sudah membuat kampanye untuk mengiklankan sepatu Adidas.

Di dalam kampanye tersebut, Anda sudah membuat iklan dengan judul

Sepatu Adidas Original, Murah dan Berkualitas.

Tapi, dalam waktu sehari hanya 20 orang yang mengunjungi iklan Anda.

Hal itu terjadi mungkin dikarenakan anggaran harian yang Anda buat terlalu kecil, dan bisa juga karena penulisan judulnya yang kurang menarik.

Akhirnya, Anda berencana merubah judul iklan menjadi

Sepatu Adidas Original, Dijamin Awet dan Nyaman Meskipun Murah.

Tapi, Anda jangan langsung merubahnya seperti itu, karena Anda bisa mengedit dan menyimpannya melalui fitur Draf dan Eksperimen.

Jika nantinya sudah yakin dengan perubahan yang dibuat, Anda bisa menerbitkannya sebagai kampanye yang asli.

Kok Bisa ?

Ya jelas bisa, karena dengan adanya fitur draf dan eksperimen, Anda bisa membuat iklan baru, menambahkan kata kunci, dan sebagainya.

Manfaatnya, Anda akan tahu apa saja yang perlu diperbaiki.

Dan ini tidak memakan biaya, karena masih tersimpan di dalam draf.

langkah-langkah membuat draf dan eksperimen Google Ads.

Pada menu navigasi sebelah kiri, pilihlah draf kampanye.

Perhatikan nomor

  1. Pilih kampanye yang akan diedit.
  2. Membuat Nama Kampanye Draf.
  3. Di isi dengan deskripsi. Boleh dikosongkan.

Kemudian pilih, Simpan.

Setelah itu, akan ada fitur baru, yakni nama draf kampanye yang Anda buat, dan letaknya di navigasi menu.

Perhatian.

Langkah-langkah di atas bisa dipraktekkan secara sempurna jika Anda sudah punya kampanye atau iklan yang aktif.

Catatan.

Jika sudah merasa puas dengan draf yang dibuat, Anda dapat menerapkan perubahan pada kampanye asli, atau langsung membuat eksperimen.

Kembali ke materi iklan google.

Atau melanjutkan ke materi berikut

Berkenalan dengan Google Merchant Center, dan Fungsinya.

Google Merchant Center termasuk fasilitas milik Google yang fungsi utamanya untuk mengiklankan produk yang Anda punya.

Manfaatnya, produk maupun informasi toko Anda dapat ditemukan pelanggan yang mengakses penelurusan properti Google.

Berikut ini Contoh beriklan di Google Shopping atau Merchant Center.

Letak perbedaan yang paling menonjol antara Google AdWords, dan Merchant Center, adalah tampilan iklannya, dan persyaratannya.

Tampilan Iklan

Tampilan iklan Google Shopping sama persis dengan toko online seperti gambar di atas.

Persyaratan

Di Google AdWords, kita bisa mengiklankan produk, jasa, Website, Video YouTube, dan sejenisnya.

Tapi beriklan di Google Shopping harus berupa produk yang bisa dikirim, atau dibeli secara langsung seperti sepatu, baju, dan lainnya.

Artinya, Kita tidak diperbolehkan mengiklankan jasa atau produk yang tidak bisa dikirim.

Lebih jelasnya, berikut ini beberapa persyaratan dan ketentuan Merchant Center.

1. Hanya Mempromosikan Produk yang bisa dibeli secara langsung.

Seperti penjelasan singkat di atas, kalau produk yang diiklankan adalah produk yang bisa dibeli secara langsung. Artinya, produk yang berbentuk, dan bisa dikirim ke pelanggan.

2. Menggunakan Bahasa Yang Resmi.

Maksudnya, bahasa yang sesuai dengan Negara, jelas, dan mudah dipahami.

3. Membuat Kebijakan Tentang Pengembalian Barang dan Dana kepada pelanggan.

Semisal, Anda mempromosikan produk melalui website, maka di dalam Website tersebut harus ada halaman yang menginformasikan kepada pelanggan tentang garansi pengembalian barang dan dana jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

4. Memverifikasi URL situs web yang Anda punya.

Hal ini dilakukan agar google yakin bahwa situs atau website yang didaftarkan adalah situs miliknya Anda.

5. Persyaratan Situs.

Di dalam Website harus ada beberapa fasilitas sebagai berikut

  1. Informasi Kontak yang Jelas dan Akurat.
  2. Proses Pembayaran yang aman. Website Anda harus sudah menggunakan SSL, atau https. Bukan http.
  3. Kebijakan Pengembalian Barang.
  4. Persyaratan dan Ketentuan Penagihan.
  5. Proses Pembayaran yang Lengkap. Fungsinya, agar pelanggan bisa menambahkan barang ke keranjang dan memproses pembayaran sampai selesai.

6. Mentaati Kebijakan iklan Shopping.

Google membuat kebijakan tersendiri bagi Anda yang ingin membuat akun Merchant Center, dan diantaranya sebagai berikut

  1. Konten Terlarang.
  2. Praktik Terlarang.
  3. Konten yang dibatasi.
  4. Editorial dan Teknis.

Penjelasan

A. Konten Terlarang

Konten terlarang, adalah produk yang tidak diizinkan Google untuk dipromosikan, seperti

  1. produk palsu,
  2. produk yang berbahaya,
  3. produk yang menyebabkan perilaku tidak jujur, seperti dokumen palsu, dan lain-lain.
  4. Konten yang tidak pantas, seperti produk untuk kekerasan, memancing kebencian, dan sebagainya.

B. Praktik Terlarang

Google berharap agar iklan Shopping bisa bermanfaat, relevan, beragam, dan aman bagi penggunanya.

Karena itu, berikut ini termasuk konten, atau praktik yang dilarang Google

  1. Penyalahgunaan Jaringan Iklan. Salah satu contohnya, adalah situs yang tidak disertai informasi bermanfaat bagi pengunjung, atau calon konsumennya. Artinya, pemilik situs hanya berharap agar traffic situsnya mengalami peningkatan.
  2. Penggunaan data yang tidak bisa dipertanggung-jawabkan. Semisal, KTP palsu, dan sebagainya.
  3. Konten yang tidak jelas.

C. Konten yang dibatasi.

Berikut ini contoh-contoh konten yang dibatasi Google Shopping

  1. Konten yang berhubungan dengan kedewasaan, seperti produk khusus dewasa, konten yang merangsang hasrat seksual, dan sebagainya.
  2. Minuman Beralkohol, seperti minuman bir, anggur dan semua jenis minuman yang memabukkan.
  3. Konten Berhak Cipta.
  4. Konten Perjudian, seperti lotre dan sejenisnya.
  5. Konten Politik.
  6. Konten yang berhubungan dengan kesehatan.

 D. Editorial dan Teknis.

Dalam upaya menjaga kualitas iklan Google Shopping, maka produk yang Anda iklankan harus memenuhi standar profesional, dan editorial.

Lebih lengkapnya, silahkan baca Kebijakan iklan Shopping.

Berikut ini langkah-langkah cara beriklan di Google Shopping

  1. Mengunjungi Google Merchant Center.
  2. Masuk Menggunakan Email dan Sandi Gmail.
  3. Membuat Akun Merchant Center.
  4. Membuat Informasi Bisnis. Kurang lebih tampilannya seperti gambar di bawah. Silahkan diisi, dan kemudian klik Lanjut.
  5. Setuju dengan Persyaratan dan Ketentuan Merchant Center.
  6. Memilih Iklan Google Shopping. Silahkan pilih untuk membuat akun. Anda boleh memilih keduanya, atau salah satunya saja. Setelah itu pilih Lanjut.
  7. Pembuatan Akun Merchant Center sudah berhasil. Sekarang waktunya Anda untuk menyelesaikan tugas yang tertunda.
  8. Menyiapkan Pajak.
  9. Menyiapkan Metode Pengiriman.
  10. Menambahkan Produk Untuk diiklankan.
  11. Menambahkan Situs, atau Website.
  12. Menghubungkan dengan Akun Google Ads.

Perhatikan gambar di atas.

Agar bisa menjalankan iklan, Anda perlu mengatur

  1. Pajak.
  2. Pengiriman.
  3. Produk.
  4. Situs.
  5. Akun Google Ads.

Berikut ini langkah-langkahnya.

Mengatur Pajak

Ada tiga pilihan untuk mengatur pajak

  • Jangan Konfigurasikan pajak di tingkat akun.
  • Konfigurasikan tidak ada nexus untuk semua negara bagian.
  • Konfigurasikan pajak dan siapkan nexus.

Pilih saja bagian pertama, yakni Jangan Konfigurasikan pajak di tingkat akun, dan kemudian klik simpan.

Menyiapkan Metode Pengiriman

Membuat jasa pengiriman.

Perhatikan nomor supaya lebih mudah dipahami.

  1. Nama. Di isi dengan nama perusahaan jasa kirim.
  2. Area Layanan. Pilih area Indonesia. Anda juga bisa menambahkan beberapa negara.
  3. Mata Uang. Sudah terisi otomatis, yakni IDR.
  4. Batas Waktu pemesanan. Jika Anda masih menerima pesanan sampai jam 12 malam, maka pilihlah 00:00.
  5. Waktu pemrosesan.
  6. Waktu transit.
  7. Tarif Pengiriman. Di sini, Anda bisa membuat tarif pengiriman berdasarkan produk tertentu, dan sebagainya.

Jika sudah, silahkan klik Simpan.

Menambahkan Data Produk.

Pada bagian ini kiranya tidak perlu dilampirkan gambar, karena cukup mudah.

Anda tinggal membuat nama produk beserta mereknya, mencantumkan harga produk, meng-upload gambar produk, dan lain sebagainya.

Menambahkan URL situs atau website.

Supaya produk yang sudah diupload bisa muncul di Google, Anda diwajibkan verifikasi kepemilikan Website, dan klaim Website tersebut untuk akun Merchant Center.

Menghubungkan dengan Akun Google Ads.

Sekarang waktunya menghubungkan akun Merchant Center dengan Google AdWords, atau Ads.

Silahkan pilih takutkan akun, dan kemudian pilih kirim permintaan penautan.

Setelah Anda melakukan tahap di atas, selanjutnya adalah masuk ke akun Google AdWords untuk mengecek notifikasi atau pemberitahuan.

Silahkan pilih Tampilkan.

Tampilan selanjutnya seperti gambar berikut.

Silahkan pilih Setujui.

Sampai sini, Anda sudah berhasil menghubungkan merchant center dengan AdWords.

Jadi, Anda bisa menciptakan iklan Google Shopping lewat akun Merchant Center, ataupun AdWords.

Tapi saran saya, buatlah melalui akun Merchant Center, karena fasilitas di sana cukup mendukung untuk jenis iklan Shopping, dan pengaturannya juga mungkin lebih mudah.

Jika masih ada materi yang sulit dipahami, saya persilahkan Anda bertanya lewat kolom komentar di bawah.

Terimakasih.


Apa Kang Mursi Pernah Beriklan di Google AdWords ?

Hehehe.

Alhamdulillah kami pernah.

Bahkan, kami juga pernah mendapatkan bonus dari Google sebesar dua ratus ribu lebih.

Ingin tahu caranya ?

Cihuuuyyy…

Oleh sebab itu, sering sering berkunjung ke mari agar Anda tidak tertinggal update terbaru dari mursi.id

Insya Allah, akan kami bagikan rahasianya.

Jangan Sungkan Untuk Berkomentar